impro

Affiliate Marketing

Published on October 26th, 2014 | by Andrie

10 Keunggulan Bisnis Affiliate Marketing

Menjalankan bisnis affiliate marketing di Internet selain memiliki potensi penghasilan yang besar, proses pemasarannya pun jauh lebih mudah dibandingkan dengan bisnis makelar konvensional. Bila anda menjalankan bisnis affiliate marketing di Internet, tugas anda adalah mendatangkan kunjungan sebanyak-banyaknya ke website merchant yang menjual sebuah produk.

Tugas pertama anda adalah mencari pengunjung/visitor sebanyak-banyaknya ke website merchant. Caranya dengan melakukan berbagai kegiatan promosi. Bisa menggunakan promosi berbayar seperti menggunakan Iklan Facebook, ppc, google adword, iklan banner, dsb, maupun promosi gratis dengan memanfaatkan media video, yahoo answer, document sharing network, iklan gratis, teknik list building, atau SEO.

Namun tentu saja dari sekian banyak cara promosi tidak semua memiliki tingkat efektifitas yang sama, karena semua tergantung dari produk apa yang anda jual dan target marketnya.

Setelah anda melakukan kegiatan promosi, lalu pengunjung dari hasil promosi anda melakukan pembelian di website merchant, maka anda akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan (yang biasanya ditentukan oleh merchant dari awal).

Lalu pertanyaanya, dari mana pemilik website/merchant tahu bahwa pengunjung tersebut datang dari anda? Sebelum memasarkan produk merchant, anda nantinya akan diberikan sebuah link khusus atau biasa dikenal dengan istilah “affiliate link” oleh merchant. Affiliate link inilah yang nantinya memberitahukan sistem pada website merchant bila ada penjualan, siapa affiliate yang telah berhasil melakukan penjualan tersebut.

Link inilah yang nantinya anda promosikan. Jadi intinya cara kerja affiliate marketer adalah mengirimkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant menggunakan affiliate linknya.

Affiliate Marketing merupakan salah satu model Bisnis Internet yang cukup populer selain Email Marketing dan Information Marketing. Affiliate Marketing sangat cocok untuk pemula yang baru memulai bisnis Internet Marketing dan bisa mendapatkan komisi yang lumayan.

Setiap model bisnis ada kelebihan dan kekurangan tetapi affiliate marketing adalah salah satu model bisnis yang sempurna. Saya akan berikan beberapa kelebihan atau keunggulan bisnis affiliate marketing dibanding usaha konvensional atau model bisnis yang lain.

1. Tidak ada biaya produksi – Tingginya biaya untuk mengembangkan dan membuat produk baru umumnya membuat banyak orang tidak mampu untuk membuat produk sendiri. Dengan affiliate marketing, kita tinggal memilih ribuan produk yang ada di Internet dan menjadi ‘makelar’ untuk mendapatkan komisi.

2. Biaya awal yang rendah – Dibandingkan dengan menyewa kantor untuk memulai bisnis anda, menjadi seorang affiliate marketer yang dibutuhkan hanyalah sebuah laptop yang terkoneksi di internet dan anda bisa bekerja dari mana saja bahkan di kamar sendiri.

3. Tidak ada biaya atau lisensi – Seorang distributor di dunia nyata seringkali harus membayar biaya lisensi untuk dapat memasarkan produk di area tertentu yang terbatas. Program affiliate berkebalikan, umumnya gratis untuk bergabung dan area yang menjadi target pemasaran tidak terbatas.

4. Dapat menjual apa saja – Di negara modern dan maju, hampir semua barang dibeli secara online. Di masyarakat negara berkembangpun banyak barang mulai dibeli secara online seperti buku, software, elektronik, CD dan lain-lain. Ada puluhan ribu program affiliate yang bisa Anda pilih untuk dipromosikan.

5. Tidak membutuhkan pengalaman sales / menjual – Ketika anda memulai affiliate marketing, Anda tidak membutuhkan pengalaman sales. Umumnya merchant menyediakan materi marketing yang bagus yang dapat digunakan di website affiliate yang kita buat.

6. Tidak perlu ada karyawan – Setiap orang yang pernah membuat bisnis pasti tahu bagaimana rasanya memiliki karyawan. Saya pribadi pernah memulai perusahaan yang memiliki hanya 2-3 karyawan sampai dengan perusahaan yang memiliki lebih dari 50 karyawan. Jika saya bisa memilih, saya ingin memiliki omset perusahaan besar, tanpa ada karyawan, hidup akan terasa lebih menyenangkan 🙂 Hal itu dimungkinkan dengan bisnis affiliate marketing.

7. Tidak perlu ada stok barang – Sebagai seorang affiliate marketer, Anda dapat menjual item besar seperti furniture, barang elektronik tanpa perlu pusing dengan tempat stok barang.

8. Tidak perlu memproses order – Lupakan masalah yang bisa timbul karena mengumpulkan nama, alamat, kartu kredit dan lain-lain. Merchant yang menghandle semua itu.

9. Tidak perlu repot melakukan pengiriman – Biaya dan keruwetan untuk menyiapkan dan mengirim produk ke pelanggan di seluruh dunia benar-benar menakutkan saya. Saya pernah di bisnis produksi kaset training pembicara top di Indonesia. Saat order lagi banyak-banyaknya, saya harus lembur-lembur untuk menyiapkan dan mengirim barang ke pemesan walaupun saya sudah ada karyawan untuk membantunya.

10. Tidak perlu ada Customer Service – Punya pelanggan adalah hal yang bagus, tetapi saat harus menghadapi komplain pelanggan dan kadang-kadang memang ada pelanggan yang benar-benar bawel dan cerewet, Anda akan bersyukur sebagai affiliate marketer karena merchant Anda yang harus menangani semua itu.

Bila Anda sudah berhasil dan sukses menjadi affiliate, penghasilan ratusan ribu hingga jutaan rupiah perhari bisa anda dapatkan. Tetapi, sebelum anda mengalami kesuksesan tersebut, komitmen proses belajar dan praktek sangat dibutuhkan.

Oke, artikel ini bermanfaat untuk bisnis anda. Mohon klik LIKE/SHARE jika dan suka dengan artikel ini ya. Atau Anda juga bisa memberika komentar terbaikmu dibawah ini. Tq.


About the Author

Andrie Andropia adalah seorang Internet Marketer Expert yang berpengalaman sejak 2008. Bisnis yang sukses dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PCC, E-commers, SEO, Web Training, Creation Product. Sudah ribuan orang telah sukses belajar tentang bisnis online dengan beliau.



Back to Top ↑

"GRATIS! Video Menghasilkan Rp.800.000 Dalam 24 Jam Menjual Produk PLR">> Download Videonya <<