impro

Strategy Traffic

Published on December 21st, 2014 | by Andrie

4 Cara Promosi Melalui Media Sosial

Yup, Sejak beberapa tahun ini ada beberapa media sosial yang penggunanya besar terutama di Indonesia. Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, Path, Instagram, dan Linkedin menjadi situs jejaring sosial favorit masyarakat kita. Sarana pertemanan, berbagi informasi, dan game menjadi fitur yang banyak disukai oleh para pengguna dunia maya.

Kekuatan dalam membangun jaringan secara cepat melalui media sosial ini sangat disenangi oleh para pelaku bisnis. Perusahaan besar hingga sekelas usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM sudah banyak memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan oleh para pengembang. Namun ternyata masih ada juga yang belum memahami tentang cara maupun strategi promosi tertarget melalui situs jejaring sosial.

Yes, berikut 4 tips cara promosi yang terbukti berhasil di media sosial:

1. Hindarkan Konten Yang Monoton

Hal diatas berlaku untuk semua situs media sosial karena sering terlihat pengguna selalu menggunakan kalimat berulang pada kolom posting. Lebih parah lagi karena ingin efisien waktu dan tenaga bot comment sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk menyebarkan informasi di situs jejaring sosial. Padahal cara seperti itu sudah kuno bahkan bisa dianggap spam dan pastinya tidak akan berhasil.

Cara yang cerdas adalah setiap kali posting di halaman sendiri maupun orang lain semacam fan page atau grup gunakanlah kata-kata yang menarik dan lebih menjual. Kata-kata yang sedang jadi tren bisa digunakan untuk membuat pengunjung merasa tertarik dengan informasi yang Anda sampaikan.

Anda tidak harus terpaku pada produk milik sendiri apalagi jumlahnya sedikit. Tulis berbagai tips dan trik yang masih berkaitan dengan bisnis milik Anda. Itu akan lebih menarik orang untuk membaca serta bermanfaat sehingga mereka akan berpikir setiap posting yang Anda sampaikan memiliki nilai yang positif dan berguna.

2. Selalu Gunakan Media Gambar

Mengisi konten di media sosial tidak hanya dalam bentuk tulisan saja. Jika Anda sering menggunakan teks maka orang akan cepat jenuh banhkan tidak peduli pada informasi yang disampaikan tersebut. Maksimalkan usaha anda dalam promosi dengan menggunakan media gambar maupun video. Hal itu untuk lebih menarik audiens/pembaca untuk bisa lebih mengerti tentang maksud yang Anda sampaikan. Selain itu juga secara psikologis orang akan merasa penasaran sehingga menimbulkan keingintahuan lebih dalam terhadap produk yang Anda tawarkan.

Tambahan lain adalah gunakan gambar (image) besar dengan ukuran kecil. Maksudnya adalah ketika orang membuka posting yang ada gambarnya loadingnya bisa cepat. Seperti yang ada dalam kenyataan di negara kita bahwa kualitas internet masih kurang baik. Oleh sebab itu buatlah nyaman pengunjung dengan memperpendek waktu loading ketika membuka postingan yang ada gambarnya di media sosial. Ukuran wajar antara 100 hingga 200-an Kb untuk tiap file gambar yang akan di unggah.

3. Gunakan Tagar (Hashtag)

Penggunaan tagar (#) atau lebih dikenal dengan hashtag awalnya hanya dikenal di Twitter. Seiring dengan kompetisi antar pengembang situs jejaring sosial maka hampir sebagian media sosial bisa menggunakan hashtag. Selain sebagai branding, kata yang digunakan untuk hashtag memudahkan produk anda ditemukan orang berdasarkan pencarian melalui tagar. Kesimpulannya setiap anda membuat konten di situs jejaring sosial pastikan gunakan tagar/hashtag yang ada kaitannya.

4. Aktif dan Responsif

Setiap konten yang di posting melalui media sosial pasti sering mendapatkan komentar. Jangan biarkan pengunjung yang berkomentar itu dibiarkan begitu saja. Sebaiknya di respon secara baik dan komunikatif agar pengunjung merasa diperhatikan. Memang kadang ada juga komentar negatif, namun Anda tetap harus merespon itu dengan positif secara cerdas dan bijaksana.

Keuntungan dengan selalu aktif dalam berkomunikasi melalui media sosial akan membuat orang berpikir bahwa Anda adalah seorang yang ramah dan memiliki perhatian lebih. Ketika orang merasa nyaman dengan cara berkomunikasi yang Anda gunakan maka akan mendapatkan respon positif dan nilai lebih.

Saat Anda sudah bisa memaksimalkan strategi dalam menggunakan situs jejaring sosial sebagai media promosi online maka banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Efisien waktu dan tenaga akan lebih dirasakan ketika metode pemasaran mengena pada target yang diinginkan sehingga keuntungan yang dicapai akan meningkat.

Oke semoga artikel ini memberikan banyak pengetahuan untuk bisnis anda dan saatnya anda gunakan media promosi untuk bisnis anda ;-).

Tags: , , , ,


About the Author

Andrie Andropia adalah seorang Internet Marketer Expert yang berpengalaman sejak 2008. Bisnis yang sukses dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PCC, E-commers, SEO, Web Training, Creation Product. Sudah ribuan orang telah sukses belajar tentang bisnis online dengan beliau.



Back to Top ↑

"Penghasilan Rp.8.265.521.00 Dari Bisnis PLR"=>> DOWNLOAD VIDEO STUDY KASUSNYA DISINI <<=