impro

Email Marketing

Published on August 1st, 2016 | by Andrie

5 Faktor Penting Email Marketing Wajib Diketahui

Email marketing menjadi sebuah kebutuhan dalam proses bisnis untuk kepentingan pemasaran. Email ini menjadi salah satu sarana untuk promosi selain media website, blog, maupun sosial media. Email marketing ini memang terdapat beberapa perbedaan dari email biasa.

Tentu saja email marketing ini akan berbeda dengan email biasa yang sering kita kirimkan kepada teman atau yang kita terima kepada teman. Sebuah email marketing harus memiliki faktor penting email marketing untuk meningkatkan pemasaran dari sebuah bisnis.

Berikut ini lima faktor penting yang harus diperhatikan.

1. Proses email sampai kepada customer

Orang marketing atau pengirim email ini harus paham bagaimana proses email tersebut sampai atau diterima kepada audiens. Hal ini bisa dipertimbangkan secara teknis terlebih dahulu. Pengetahuan dasar tentang SMTP dan POP dalam sistem pengiriman dan penerimaan email ini harus dijadikan pengetahuan dasar. Ketahui juga tentag dasar-dasar server email. Hal ini akan bermanfaat apabila terjadi error dalam pengiriman email marketing. Maka dari itu, seorang marketer bisa menganalisis dengan cepat.

2. Struktur kata yang digunakan

Penulisan marketing harus memperhatikan juga tentang pemilihan kata yang digunakan. Gunakan kata yang ringkas, jelas, dan menarik untuk di baca. Jangan menyertakan dalam email banyak kata-kata yang tidak diperlukan. Karena saat penerima membaca email tersebut akan merasa terlalu boros kata dan tidak penting. Tentunya akan lebih baik jika pilihan kata yang digunakan langsung pada poin yang kan disasar.

3. Tampilan email marketing

Tampilan atau layout isi dari sebuah email juga menjadi faktor penting email marketing. Karena penyusunan tata letak yang bagus akan membuat pembaca email tertarik. Secara tidak langsung ini menjadi poin pertama yang bisa dipikirkan. Pengirim email marketing juga bisa menampilkan isi email marketing dengan pengaturan huruf besar dan berbagai cara.

4. Waktu dan statistik dasar pengiriman email marketing

Statistik pengiriman email marketing kepada penerima juga harus diperhitungkan. Jangka pegiriman email marketing jangan terlalu sering karena apabila statistik waktu tidak diperhatikan email marketing tersebut akan dianggap tidak penting oleh penerima. Kejadian yang paling buruk bisa saja langsung dihapus oleh penerima tanpa dibaca terlebih dahulu. Jadi sebaiknya sesuaikan waktu dan statistik dari pengiriman email.

5. Keamanan dan privasi email marketing

Pengirim maupun penerima email harus memperhatikan keamanan dan privasi atau kepribadian dari email marketing. Karena hal ini sangat rentan untuk dilakukan pembajakan. Jangan sampai email marketing anda disusupi oleh peretas dan dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Karena hal ini bisa jadi ajan merugikan perusahaan anda.

Metode untuk pemasaran sekarang sudah semakin banyak. Namun, tetaplah bijak dalam menggunakan teknologi. Semoga beberapa paparan tentang lima buah faktor penting email marketing tersebut dapat menjadi bahan referensi.

Baca juga => Apakah Email Marketing Dapat Melancarkan Bisnis Anda?

Tags: , , ,


About the Author

Andrie Andropia adalah seorang Internet Marketer Expert yang berpengalaman sejak 2008. Bisnis yang sukses dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PCC, E-commers, SEO, Web Training, Creation Product. Sudah ribuan orang telah sukses belajar tentang bisnis online dengan beliau.



Back to Top ↑

"Hah, Dapet Rp.8juta Dalam 48Jam Promosi Produk PLR?..."=>> DOWNLOAD DISINI <<=