impro

Review Produk

Published on December 15th, 2014 | by Andrie

Apa itu WordPress dan Keuntungan Menggunakan WordPress?

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. yang mana kedua bahasa program tersebut merupakan jenis perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

WordPress juga merupakan suatu blog tool yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pemeliharaan blog seperti penulisan, pengeditan, pempublikasian posting blog dan komentar dengan fungsi khusus untuk memanajemen image, video, sindikasi web, serta moderasi posting dan komentar.

Selain mudah digunakan, tool ini juga sangat mudah dikenali oleh mesin pencari seperti google atau yahoo. Dan banyaknya aplikasi tambahan untuk memaksimalkan blog serta themes yang mudah dikelola untuk mempercantik tampilannya menjadikan wordpress banyak diminati oleh sebagian besar internet marketer merketer.

Lalu Apa Keuntungan Menggunakan WordPress?

Keuntungan menggunakan WordPress sebagai platform CMS dalam membuat dan membangun sebuah situs atau blog, diantaranya;

  • Pengoperasiannya sangat mudah dan Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  • Berbasis kode sumber terbuka (open source), yang berarti pengguna dapat melihat, memperoleh dan bahkan mengedit kode-kode penyusun WordPress sesuai keinginan.
  • Template/Theme atau desain tampilan dari situs yang dibuat, mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga pengguna tingkat lanjut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, disediakan ribuan template yang diunduh secara bebas.
  • Banyak penyedia template gratis selain dari situs WordPress sendiri. Kalaupun berbayar, masih terjangkau oleh pengguna.
  • Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas.
  • Pengguna dapat meng-import konten dari platform lain semisal; blogger, typepad, live jurnal dan lain-lain sesuai yang terdaftar di bagian dashboard WordPress.
  • Banyaknya komunitas tempat bertanya jika ada kendala dan juga tempat untuk mengembangkan pengetahuan tentang WordPress.
  • Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang. Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, antivirus, SEO, montoring web, galerry, sosial media share, dan lain sebagainya.
  • Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback. Juga memiliki kemampuan untuk melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat ter index pada search engine.
  • Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.
  • Ada pilihan halaman statis (tidak berubah-ubah) yang umumya dipakai pada situs perusahaan dan halaman dinamis yang sering disebut blog.
  • Dan yang penting bagi pengguna, WordPress mempunyai kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer)

Ada Dua Jenis WordPress?

Yup, WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org, Apa perbedaannya?

1. WordPress.com

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.

Kekurangan: Pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah bagus. Disini diperuntukkan bagi pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.

2. WordPress.org

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. Diperuntukkan bagi pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat. Feedback dan komentarmu saya tunggu ya.

Tags: , , , ,


About the Author

Andrie Andropia adalah seorang Internet Marketer Expert yang berpengalaman sejak 2008. Bisnis yang sukses dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PCC, E-commers, SEO, Web Training, Creation Product. Sudah ribuan orang telah sukses belajar tentang bisnis online dengan beliau.



Back to Top ↑

"Penghasilan Rp.8.265.521.00 Dari Bisnis PLR"=>> DOWNLOAD VIDEO STUDY KASUSNYA DISINI <<=