impro

Tips & Motivasi

Published on October 28th, 2014 | by Andrie

Kenapa Saya Gagal di Bisnis Online?

Kurang pahamnya pengetahuan tentang bagaimana cara membangun bisnis online menjadi penyebab utama kegagalan bagi pemula. Kondisi ini tentu sangat menyedihkan.

Tidak heran, begitu banyak pemula yang lagi semangat-semangatnya membangun bisnis, tidak juga mendapat hasil dan akhirnya frustrasi. Walaupun mereka sudah ikut berbagai peluang bisnis, beli banyak buku, belajar dengan serius, dan sudah bekerja sedemikian keras.

Gagal dalam bisnis itu sudah hal BIASA. Demikian juga dengan bisnis internet. Ingat selalu kalimat klasik ini: kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Lalu kenapa banyak orang yang gagal terus dan tak kunjung sukses untuk sampai ke tahap mapan di bisnis internet? Mereka inilah sebenarnya yang LUAR BIASA.

Alasannya sederhana: mereka tidak bangkit lagi setiap kali menemui kegagalan. Itu saja. Simpel. Setiap anda Gagal, anda pasti belajar sesuatu bukan. Yup, saya yakin anda pasti belajar sesuatu sehingga pembelajaran itu seharusnya membuat anda terus bangkit dari setiap kegagalan.

Ada 10 Lima Penyebab Orang Gagal Bisnis Online yang sering saya temukan di Internet:

1. Tidak mau berinvestasi

Bisnis mana sih yang saat ini tidak memakai modal di awal? saya yakin tidak ada sama sekali. Hukum alam juga berlaku di dunia bisnis. Untuk mendapatkan ikan, anda perlu menyiapkan umpan dan pancing nya. Investasi yang saya maksud tidak secara eksplisit mengarah pada uang atau financial saja. Tapi anda juga harus menginvestasikan waktu untuk mempelajari bisnis yang akan anda geluti. Terlebih jika anda termasuk baru dalam bisnis online. Saya pastikan anda harus belajar banyak untuk mengetahui hal-hal yang bersifat teknis.

2. Tidak Fokus

Bisnis online merupakan bisnis yang cakupan nya sangat luas. Adakala nya ketika anda tengah asik mempelajari suatu bisnis, tiba-tiba menemukan prospek bisnis lain ketika anda sedang browsing mengenai bisnis yang anda targetkan dari awal. Tidak mengapa jika demikian. Saran saya, bookmark/ tandai saja dulu informasi baru yang anda temukan tersebut. Untuk anda pelajari dikemudian hari. Fokuskan dulu pada bisnis yang anda bidik. Jika sudah berjalan sesuai target anda, baru menggarap yang lainnya.

3. Belajar pada orang/ sumber yang salah

Saya dulu berfikiran bahwa ilmu bisnis online itu bisa saya pelajari secara otodidak. Mengingat saat ini sudah banyak sumber informasi gratis yang bisa didapat. Tapi ternyata saya salah. Semakin banyak informasi yang saya dapat, saya menjadi semakin tidak fokus dan malah dibuat bingung. Alih-alih ingin menghemat pengeluaran diawal, saya malah menghabiskan banyak waktu.

Disinilah saya mengerti bahwa waktu adalah uang. Ahh, Seandainya saja saya belajar pada guru yang tepat dari dulu, mungkin saya sudah bisa mencetak lebih banyak uang. ;-).

4. Malas

Suatu saat anda bisa sangat menggebu-gebu untuk bisa berpenghasilan dari internet. Tapi adakalanya kita juga malas untuk mengerjakan sesuatu untuk bisnis online kita. Ketika rasa malas mendera, coba ingat lagi target dan mimpi-mimpi anda. Apa saja yang ingin anda capai dalam waktu dekat dan beberapa tahun kedepan. Lawan rasa malas, karena malas biasanya adalah rintangan yang paling umum yang ditemui oleh orang-orang yang sukses. Ingatlah malas ini hanya sementara. Ketika anda sudah berpenghasilan besar dari bisnis online, anda akan menertawai si malas ini. 🙂

5. Tidak punya target yang jelas

Adakalanya anda bingung harus memulai bisnis online dari mana. Jika ini yang terjadi, coba baca artikel saya tentang cara memulai bisnis online.Orang gagal di bisnis online karena mereka tidak tahu langkah apa saja yang harus dilakukan di awal ketika berniat untuk memulai bisnis online. Ada baiknya anda tahu apa yang anda tidak tahu. Sehingga anda bisa memulai menyiapkan strategi atau langkah yang bisa anda lakukan diawal. Buat langkah-langkah anda per point dan dari yang paling sederhana untuk dilakukan/dipelajari. Lakukan hingga tuntas.

6. Mindset yang keliru tentang bisnis online

Sebagaimana bisnis konvensional, bisnis online pun perlu persiapan ‘perangkat perang’ supaya anda bisa sukses. Mindset inilah yang harus anda bentuk dari awal. Tidak ada bisnis online yang menjamin bisa menghasilkan jutaan rupiah perhari dalam waktu yang INSTANT. Jika anda berfikir demikian, mungkin anda sudah menjadi korban iklan para marketer online yang memborbardir anda dengan JJP (Janji-Janji Palsu 😀 ). Sebaiknya anda rubah mindset instant begitu.

Faktanya Anda harus tetap belajar. Tahu ilmunya dengan benar. Dan mungkin harus bersentuhan dengan hal-hal teknis untuk menunjang kesuksesan anda dibisnis online. Seperti Pengetahuan dasar membuat website, Sedikit ilmu tentang SEO, memasang script iklan dsb.

7. Meniru Pebisnis lain

Menjadi seorang pebisnis harus mempunyai karakter, ciri khas dan membuat diri dan bisnis anda unik. Mengingat banyaknya pesaing yang mungkin sudah jauh-jauh hari lebih awal menjalankan bisnis yang serupa dengan yang anda geluti. Ada baiknya anda melakukan riset pasar mengenai kompetitor. Apa yang mereka tawarkan, apa kekurangan mereka yang bisa anda tutupi dengan produk yang anda tawarkan. Jadilah unik.

8. Mudah menyerah

Ketika anda merasa sudah menjalankan segala sesuatunya dengan benar, tapi anda masih saja gagal dalam bisnis online, maka yang harus anda lakukan berikutnya adalah JANGAN MENYERAH!. Kebanyakan pebisnis yang gagal adalah berhenti ketika mereka merasa semuanya sudah dilakukan tetapi masih tetap gagal. Coba runut lagi. Apa yang salah. Lakukan riset ulang jika diperlukan. Prinsip saya dalam bisnis online adalah: Tidak ada yang gagal dalam bisnis ini, yang ada hanya orang yang berhenti mengejar mimpi-mimpinya.

9. Tidak Komitmen dengan apa yang telah direncanakan

Kadangkala musuh terbesar untuk suskes di bisnis online adalah diri sendiri. Ketika semua rencana sudah disusun matang, langkah dan strategi sudah dibuat sebaik mungkin. Tetapi tidak anda laksanakan. Maka semuanya akan menjadi percuma.

Saya selalu mengibaratkan bahwa komitmen yang sudah saya buat sebagai PR dari guru saya yang galak :). Jadi kalo tidak saya kerjakan hari ini, besok saya akan dihukum didepan kelas–didepan teman-teman saya. Waduhhh malu nyaa..

10. Menunda pekerjaan

Ini adalah musuh saya yang paling besar. Seringkali ide-ide cemerlang yang begitu saja terlintas tidak sempat saya abadikan dalam sebuah artikel karena sebuah ‘penundaan’. Menunda pekerjaan juga biasanya sepaket dengan malas. Yang akhirnya membuat semua komitmen yang sudah dibuat jadi berantakan. Jika sudah demikian, hasilnya sudah bisa ditebak. Anda pasti akan gagal. Dalam bisnis apapun.

Ada baiknya, ketika anda menyusun strategi, mulailah dengan yang paling ringan yang bisa anda lakukan dengan segera. Sehingga pekerjaan akan serasa mudah untuk dilakukan. Jadi tunggu apalagi?

Jangan menunda mimpi anda untuk memulai bisnis online. Mulailah dari sekarang juga!.

Tags: , , , ,


About the Author

Andrie Andropia adalah seorang Internet Marketer Expert yang berpengalaman sejak 2008. Bisnis yang sukses dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PCC, E-commers, SEO, Web Training, Creation Product. Sudah ribuan orang telah sukses belajar tentang bisnis online dengan beliau.



Back to Top ↑

"Penghasilan Rp.8.265.521.00 Dari Bisnis PLR"=>> DOWNLOAD VIDEO STUDY KASUSNYA DISINI <<=