impro

Email Marketing

Published on February 14th, 2015 | by Andrie

Pentingnya Follow-up Dalam Bisnis

Dalam proses berjualan, sangat diperlukan sebuah tahap penting yang dikenal dengan follow up. Follow up didefinisikan mengulangi lagi penawaran atau membicarakan janji yang telah dibuat sebelumnya yang bisa dilakukan berulangkali, follow up juga bisa berarti melakukan sapaan saja terhadap calon pelanggan, memberikan ucapan trimakasih, menyampaikan simpati terhadap kebutuhan yang ada, sehingga menimbulkan pertumbuhan kepercayaan terhadap anda.

Follow up dilakukan dengan fungsi utama adalah menumbuhkan kepercayaan oleh calon pelanggan hingga ada keputusan membeli dan dilakukan kembali berulang hingga menjadi kepercayaan yang meluas sebagai one on one marketing yang berdampak pada pertumbuhan penjualan.

Follow up harus selalu memberikan nilai keuntungan bagi calon pelanggan, contohnya saja kalau kita sering menghubungi calon pelanggan, jagalah supaya kita tidak sekedar berjualan namun memberikan perhatian yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Informasi tentang hal itu bisa kita dapatkan dimana-mana apalagi melalui media on line saat ini.

Bahasa follow up yang disampaikan berbeda disetiap tahap penjualan, bila follow up masih di tahap perkenalan maka yang disampaikan tentunya bahasa perhatian kepada pelanggan. Follow up pelanggan yang pernah menolak juga bisa dilakukan dengan bahasa yang tidak mendesak namun membawa diri dipihak dia.

Teknik follow up juga dibedakan dari tingkat kedekatan kita dengan calon pelanggan, bila pelanggan memiliki kedekatan dengan kita, tentulah dia sangat percaya kepada kita, teknik follow up bisa dilakukan dengan gaya yang bersahabat, namun bila seorang calon pelanggan adalah yang belum sama sekali kita kenal, tentulah kita kembali melakukan follow up dengan cara membangun trust lebih dahulu.

Untuk melakukan follow up di bisnis online, anda harus menggunakan autoresponder. Autoresponder dapat menggantikan anda untuk melakukan follow up secara manual, sehingga bisnis bisa dijalankan secara otomatis.

Rekomendasi jasa autoresponder yang paling saya sukai adalah getresponse.com. Selain murah, follow up email series yang mudah di setup, sehingga memudahkan kita membangun bisnis tentunya.

Anda bisa mencobanya trial 30 hari melalui link khusus ini => http://gr8.com/pr/fCCC (akses terbatas).

Oke, semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis anda ya. Komentar dan saran bisa anda tulis dibawah. Sukses ya ;-).

Tags: , , , , ,


About the Author

Andrie Andropia adalah seorang Internet Marketer Expert yang berpengalaman sejak 2008. Bisnis yang sukses dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PCC, E-commers, SEO, Web Training, Creation Product. Sudah ribuan orang telah sukses belajar tentang bisnis online dengan beliau.



Back to Top ↑

"GRATIS! Video Menghasilkan Rp.800.000 Dalam 24 Jam Menjual Produk PLR">> Download Videonya <<