impro

Affiliate Marketing

Published on November 21st, 2014 | by Andrie

Terlalu Banyak Program Affiliasi, Yang Mana Harus Saya Pilih?

Program affiliasi di internet sudah semakin banyak. Bahkan perusahaan dan website terkenal pun ikut mengadakan program affiliasi. Ini bukti bahwa media internet sudah semakin banyak digunakan sebagai sarana untuk memasarkan produknya.

Kita tahu bahwa program affiliasi adalah program dimana si publisher ikut membantu memasarkan produk vendor dengan kerjasama yang saling menguntungkan. Baik daftar secara gratis ataupun tidak. Namun, jangan lupa, ada beberapa hal penting yang anda harus ketahui sebelum menjalankan program affiliasi. Sehingga, keuntungan yang anda terima menjadi maksimal.

Sebelum anda bergabung di salah satu program affiliasi di internet, ada beberapa yang harus anda pertimbangkan, diantara:

Produk  –  produk program affiliasi yang kita ikuti haruslah yang bagus , banyak diminati dan dibutuhkan. Bayangkan kalau produk ditawarkan tidak bagus, tentu anda akan menolaknya bukan.

Perusahaan – Pilih perusahaan atau pemilik website (personal) program affiliasi yang berpengalaman. Jika anda sebagai pemula, anda bisa memilih  perusahaan atau pemilik website yang berumur lebih dari 3 tahun. Anda bisa melihatnya di halaman About US atau Contact US.

Harga – Harga dari program affiliasi disini adalah harga yang masuk akal. Bukan yang murah apalagi mahal. Tapi sewajarnya. Jika produk bagus, maka harga juga akan mengikuti. Dan yang perlu anda perhatikan juga adalah apakah harga tersebut dapat menjangkau market yang besar atau tidak.

Komisi – program affiliasi biasanya memberikan komisi antara 30% – 60% dari harga produk. Namun, itu tergantung dari kualitas produknya.

Alat (Tools) dan Pelatihan – Sebuah perusahaan atau pemilik website yang bagus selalu memberikan tools dan cara bagaimana menjalankan program affiliasi yang mereka berikan. Biasanya program affiliasi ini dibuat halaman secara khusus untuk mempermudah publisher untuk menjalankannya. Banner, keyword, follow up teks, ebook adalah beberapa toolsnya.

Bantuan – ya, walaupun kelihatan sederhana, bantuan dalam menjalankan program affiliasi juga penting. Anda bisa lihat di toolsnya, apakah ada bantuan supportnya ada atau tidak. Biasanya, si perusahaan atau pemilik website dari program affliasi menyertakan bantuan seperti Email atau nomor telepon.

Harus Membeli – Ada beberapa program affiliasi yang mengizinkan si publisher untuk tidak harus membeli dulu ketika menjalankan program affiliasi nya. Itu sebuah keuntungan menurut saya. Dan ada juga yang sebaliknya.

Transparan – Pilihlah program affiliasiyang menyediakan laporan data statistik pendapatan dan penjualan anda. Laporan ini harus dapat sepenuhnya anda akses sehingga anda tahu perkembangan program affiliasi anda.

Keamanan dan Perlindungan – Perusahaan atau Pemilik Website yang terbaik adalah yang mampu melindungi para affiliatenya. Ini penting. Agar keuntungan program affiliasi yang dijalan benar-benar tepat pada pemilik website affiliasinya. Contohnya begini: URL yang digunakan untuk mengarahkan atau mengirimkan pengunjung ke situs yang kita promosikan, harus tercatat oleh komputer di pengunjung. Sehingga ketika pengunjung tersebut kembali lagi dan memutuskan untuk membeli, URL website tersebut masih sama dengan URL website pertama tadi.

Pembayaran – Pembayaran yang dilakukan setelah berhasil menjalankan program affiliasi bisa bermacam-macam. Seperti check, transfer antar bank, paypal dan lain-lain. Namun, yang harus diperhatikan waktu pengirimannya.

Beberapa tips tersebut bisa anda jadikan pertimbangan untuk memutuskan memilih program affiliasi pada sebuah perusahaan atau pemilik website.

Namun, yang paling penting adalah anda harus bertindak. Sehingga, anda tahu apakah produk dari program affiliasi yang anda pasarkan diterima market atau tidak. Lalu, anda bisa putuskan untuk melanjutkan program affiliasi tersebut atau tidak.

Tags: , , ,


About the Author

Andrie Andropia adalah seorang Internet Marketer Expert yang berpengalaman sejak 2008. Bisnis yang sukses dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PCC, E-commers, SEO, Web Training, Creation Product. Sudah ribuan orang telah sukses belajar tentang bisnis online dengan beliau.



Back to Top ↑

"GRATIS! Video Menghasilkan Rp.800.000 Dalam 24 Jam Menjual Produk PLR">> Download Videonya <<